10 September, 2012

Tips Perjalanan Jauh Menggunakan Motor

Post ini saya tulis, soalnya pas saya mau perjalanan Tegal - Semarang. Dan baru pertama kali bro pake motor, jadi maksud saya nulis ini itu buat elu-elu pada yang kondisinya sama kaya saya. Sama-sama mau pake motor buat perjalanan lama.

Nih langsung aja tak kasih tips-tips biar selamat sampe tujuan :

  1. Cek mesin dan sistem remnya bro. juga kelengkapan motor elu seperti spion, lampu-lampu, lampu utama jauh dekat, lampu sein dan lampu belakang atau lampu rem. Jangan lupa juga cek oli-nya, kalau perlu bawa dulu ke bengkel biar orang bengkel yang checking motor elu udah siap buat "ngacir" apa belum, itu kalo elu ngrasa kurang berpotensi di bidang perbengkelan.
  2. Jangan lupa SIM sama STNK bro, dibawa biar di jalan gak ada  hambatan yang berarti, seperti misal ada Operasi Lalu Lintas saat diperjalanan. Bawa kunci atau peralatan secukupnya juga seperti obeng , kunci busi, tang, dll untuk mengantisipasi jika terjadi masalah dengan teknis kendaraan.
  3. Sebelum melakukan perjalanan ada baiknya cek dan pelajari standard safety untuk jarak jauh. Pengendara maupun penumpang harus menggunakan helm standar, sepatu, jaket, masker, dan sarung tangan. Bawa bekal makanan / barang secukupnya sehingga tidak melebihi kapasitas.satu motor maksimal 2 orang (pengendara + 1 pembonceng, jangan lebih lho bro!! selain berbahaya juga bisa kena tilang)
  4. Siapkan jas hujan. Persiapan ini sangat penting dan jangan sampe ketinggalan lantaran kita tidak pernah bisa memprediksi cuaca selama perjalanan kita berlangsung.
  5. Selama dalam perjalanan sebaiknya istirahat cukup setiap delapan jam (kalo sampe segitu). Makan dan minum yang cukup biar tubuh selalu fit selama dlm perjalanan (kecuali kalo perjalanan siang dan anda sedang berpuasa). ingat masbro dan mbakbro, perjalanan pake  motor itu jangan nunggu cape. Kalau mau aman, harus sengaja diistirahatkan. Jangan dipaksakan.
  6. Selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan agar elu selamat selama perjalanan. Soalnya peraturan lalu lintas dibuat untuk membuat tertib dan membuat selamat para pemakai jalan. Siapapun juga kepengen cepet sampai tujuan kayak elu bro, tetapi kita harus menyadari, bahwa bukan kita saja yang memakai jalan.
  7. Utamakanlah keselamatan, belajarlah bertoleransi antar pengguna jalan, niscaya Anda akan merasa aman dan nyaman selama didalam perjalanan. Nikmatilah perjalanan anda dan orang-orang yang ada di sekitar anda, Selalu Waspada ! !.
Sekian dulu post saya, masih ada yang perlu di-checking nih motor saya..

No comments: